You are currently viewing Deklarasikan Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap, Menteri ATR/Kepala BPN: Untuk Persempit Ruang Gerak Mafia Tanah

Deklarasikan Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap, Menteri ATR/Kepala BPN: Untuk Persempit Ruang Gerak Mafia Tanah

Selamat datang di Geometri News, sumber berita terkini tentang dunia survei pemetaan dan pertanahan, di mana kami memastikan Anda tetap terhubung dengan perkembangan terbaru dalam industri ini. Pada artikel ini, kami akan membahas deklarasi Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), serta dampaknya dalam upaya mempersempit ruang gerak mafia tanah.

Jakarta – Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengumumkan deklarasi Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (02/04/2024). Dengan langkah ini, wilayah tersebut akan mendapatkan berbagai keuntungan, termasuk upaya yang lebih efektif dalam mempersempit ruang gerak serta memberantas mafia tanah.

Baca Juga Artikel Menarik Yang Lainnya : Terima Sertipikat Tanah Elektronik, Warga Jakarta: Yakin karena Lebih Safety

“Kerja Serius Bersama Satgas-Anti Mafia Tanah untuk Melindungi Hak Rakyat”

Menurut Menteri AHY, deklarasi tersebut adalah langkah serius pemerintah dalam memerangi praktik mafia tanah yang merugikan masyarakat dan negara. Dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk Satgas-Anti Mafia Tanah, kepolisian, kejaksaan, serta pemerintah daerah, upaya pemberantasan mafia tanah dapat diperkokohkan.

“Sertipikasi Aset Pemerintah Daerah: Strategi Efektif untuk Memastikan Kepastian Hukum”

Selain memberantas mafia tanah, Menteri AHY juga menyoroti pentingnya sertipikasi aset-aset pemerintah daerah sebagai wujud semangat dalam menjaga aset negara dan mendatangkan investasi. Dengan adanya sertipikasi yang jelas, konflik sengketa tanah dapat diminimalisir, baik antar sesama instansi pemerintah maupun dengan masyarakat.

Baca Juga Artikel Menarik Yang Lainnya : Komisi II DPR RI Apresiasi Adanya Sertipikat Tanah Elektronik sebagai Upaya Mengantisipasi Praktik Mafia Tanah

“Implementasi Layanan Elektronik: Transformasi Digital dalam Urusan Sertipikasi Tanah”

Dalam kesempatan yang sama, Menteri AHY meluncurkan Layanan Elektronik di Kantor Pertanahan sejumlah wilayah di Jakarta, termasuk Jakarta Selatan. Ini merupakan bagian dari upaya Kementerian ATR/BPN dalam mewujudkan transformasi digital dalam urusan sertipikasi tanah. Melalui layanan elektronik, proses administrasi dapat dipercepat, memberikan kepastian hukum yang lebih baik bagi masyarakat.

Demikianlah informasi terkait deklarasi Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap dan upaya Menteri ATR/Kepala BPN dalam memerangi mafia tanah serta mempercepat layanan pertanahan melalui teknologi. Tetap ikuti Geometri News untuk berita terbaru seputar survei pemetaan dan pertanahan.

Geometri Indonesia, Teman Terbaik Surveyor

Tinggalkan Balasan