You are currently viewing DIGITAL THEODOLITE
Survey equipment theodolite on a tripod. with road under construction background

DIGITAL THEODOLITE

DIGITAL THEODOLITE

A. PENGERTIAN THEODOLITE

Theodolite adalah salah satu alat ukur tanah yang digunakan untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. Theodolite adalah instrumen presisi untuk mengukur sudut di bidang horisontal dan vertikal.

Theodolite adalah instrument / alat yang dirancang untuk pengukuran sudut yaitu sudut mendatar yang dinamakan dengan sudut horizontal dan sudut tegak yang dinamakan dengan sudut vertical. Dimana sudut – sudut tersebut berperan dalam penentuan jarak mendatar dan jarak tegak diantara dua buah titik lapangan.

B. KONSTRUKSI THEODOLITE

Konstruksi instrument theodolite ini secara mendasar dibagimenjadi 3 bagian, yaitu :

  1. Bagian Bawah

=terdiri dari pelat dasar dengan tiga sekrup penyetel yang menyanggah suatu tabung sumbu dan pelat mendatar berbentuk lingkaran. Pada tepi lingkaran ini dibuat pengunci limbus.

2. Bagian Tengah

= terdiri dari suatu sumbu yang dimasukkan ke dalam tabung dan diletakkan pada bagian bawah. Sumbu ini adalah sumbu tegak lurus kesatu. Diatas sumbu kesatu diletakkan lagi suatu plat yang berbentuk lingkaran yang mempunyai jari – jari plat pada bagian bawah. Pada dua tempat di tepi lingkaran dibuat alat pembaca nonius. Di atas plat nonius ini ditempatkan 2 kaki yang menjadi penyanggah sumbu mendatar atau sumbu kedua dan satu nivo tabung diletakkan untuk membuat sumbu kesatu tegak lurus.

3. Bagian Atas

= terdiri dari sumbu kedua yang diletakkan diatas kaki penyanggah sumbu kedua. Pada sumbu kedua diletakkan suatu teropong yang mempunyai diafragma dan dengan demikian mempunyai garis bidik. Pada sumbu ini pula diletakkan plat yang berbentuk lingkaran tegak sama seperti plat lingkaran mendatar.

C.  SYARAT-SYARAT THEODOLITE

Syarat – syarat utama yang harus dipenuhi alat theodolite sehingga siap dipergunakan untuk pengukuran yang benar adalah :

1.Sumbu kesatu benar – benar tegak / vertical.

2.Sumbu Kedua haarus benar – benar mendatar.

3.Garis bidik harus tegak lurus sumbu kedua / mendatar.

4.Tidak adanya salah indeks pada lingkaran kesatu.

D. MACAM-MACAM THEODOLITE

Dari konstruksi dan cara pengukuran, dikenal 3 macam theodolite :

  1. Theodolite Reiterasi
  2. Theodolite Elektro Optis.
  3. Theodolite Repetisi

Kami PT Geo Metri Indonesia menawarkan penjualan serta rental dan service/kalibrasi alat survey Digital Theodolite , silahkan klik disini

SUMBER : https://macammacamalatsurvey.wordpress.com/2017/01/12/artikel-digital-theodolite/

Tinggalkan Balasan