You are currently viewing GPS : Sejarah, Perkembangan, dan Penggunaan

GPS : Sejarah, Perkembangan, dan Penggunaan

Halo, pembaca setia Geometri Pedia! Pada edisi kali ini, kita akan membahas bagaimana sejarah, perkembangan, dan penggunaan sistem navigasi seperti GPS. Pemahaman mendalam tentang sistem navigasi ini memungkinkan kita untuk mengapresiasi kemajuan dalam navigasi dan pemetaan.

Sistem pemosisian global, atau yang dikenal sebagai GPS, adalah jaringan navigasi berbasis satelit yang menyediakan informasi waktu dan lokasi di mana saja di bumi untuk penerima GPS yang sesuai. GPS memainkan peran penting dalam pelacakan aset secara real-time, mengirimkan peringatan lokasi instan ke ponsel, tablet, atau komputer Anda. Dengan teknologi GPS yang begitu canggih di ujung jari kita, Anda mungkin bertanya-tanya—di mana semuanya dimulai, dan bagaimana sejarah GPS?

Sejarah GPS: Pengembangan & Peluncurannya

GPS pertama kali muncul pada awal 1960-an di Amerika Serikat sebagai bentuk eksperimen navigasi satelit untuk memantau kapal selam yang membawa rudal militer. Terbukti sukses, satelit mampu memberikan lokasi yang tepat dari kapal selam dalam hitungan menit.

Pada tahun 1978, Departemen Pertahanan memutuskan untuk mengambil teknologi ini lebih jauh dengan meluncurkan jaringan baru yang terdiri dari 24 satelit untuk mendukung sistem navigasi yang lebih maju.

Selama hampir dua puluh tahun, GPS hanya tersedia untuk militer, karena program yang disebut Selective Availability. Selective Availability memungkinkan Amerika Serikat untuk secara selektif menolak akses ke sistem GPS karena masalah keamanan nasional. Namun, pada Mei 2000, sesuai arahan Presiden Bill Clinton, pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk menghentikan penggunaan Selective Availability untuk menyediakan GPS bagi pengguna sipil dan komersial di seluruh dunia.

GPS masih sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah Amerika Serikat sebagai sumber daya nasional untuk navigasi, tetapi dapat digunakan oleh publik untuk pelacakan dan informasi data sesuai kebutuhan mereka.

Baca Juga Artikel Menarik Yang Lainnya : Cara Kerja Penerima GPS – Trilaterasi dan Triangulasi

Aplikasi GPS umumnya terbagi menjadi 5 kategori utama:

  1. Lokasi – menentukan suatu posisi
  2. Navigasi – pergi dari satu lokasi ke lokasi lainnya
  3. Pelacakan – memantau pergerakan objek atau pribadi
  4. Pemetaan – membuat peta dunia
  5. Waktu – membawa waktu yang tepat ke dunia

Siapa yang Menggunakan GPS?

Beberapa aplikasi yang saat ini digunakan oleh sistem GPS di seluruh dunia termasuk pertambangan, penerbangan, survei, pertanian, kelautan, rekreasi, dan militer. Saat ini, dokter, ilmuwan, petani, tentara, pilot, pendaki, pengemudi pengiriman, pelaut, nelayan, petugas pengiriman, atlet, dan orang-orang dari berbagai bidang kehidupan lainnya menggunakan sistem GPS dengan cara yang membuat pekerjaan mereka lebih produktif, aman, dan mudah.

Saat ini, GPS adalah sistem radionavigasi berbasis ruang yang multi-guna, dimiliki oleh Pemerintah AS dan dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat untuk memenuhi kebutuhan pertahanan nasional, keamanan dalam negeri, sipil, komersial, dan ilmiah. GPS saat ini menyediakan dua tingkat layanan: Layanan Posisi Standar (SPS) yang menggunakan kode coarse acquisition (C/A) pada frekuensi L1, dan Layanan Posisi Presisi (PPS) yang menggunakan kode P(Y) pada frekuensi L1 dan L2. Akses ke PPS dibatasi untuk Angkatan Bersenjata AS, lembaga federal AS, serta angkatan bersenjata dan pemerintah sekutu tertentu. SPS tersedia bagi semua pengguna secara terus-menerus di seluruh dunia, tanpa biaya langsung bagi pengguna. Kemampuan khusus yang disediakan oleh SPS dipublikasikan dalam Standar dan Spesifikasi Kinerja Sistem Pemosisian Global.

Baca Juga Artikel Menarik Yang Lainnya : Memahami Basemap: Fondasi Utama Dalam Pemetaan Geografis

Seiring kemajuan teknologi, GPS akan terus berkembang dan menawarkan lebih banyak solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan navigasi dan pelacakan di masa depan. Penting bagi kita untuk menghargai kontribusi para ilmuwan dan insinyur yang telah membantu mengembangkan teknologi ini, mengingat bahwa keberhasilan GPS saat ini tidak terlepas dari upaya dan dedikasi mereka. Sebagai pengguna, kita dapat memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan produktivitas, keamanan, dan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Dengan memahami sejarah dan perkembangan GPS, kita dapat lebih menghargai teknologi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia modern ini.

Terus ikuti Geometri Pedia untuk mendapatkan informasi menarik dan mendalam lainnya tentang dunia survey pemetaan !

Geometri Indonesia, Teman Baik Surveyor

Tinggalkan Balasan