You are currently viewing Hasanuddin Zainal Abidin. Guru Besar Ahli Geodesi Indonesia

Hasanuddin Zainal Abidin. Guru Besar Ahli Geodesi Indonesia

Selamat datang di Geometri Pedia, sumber pengetahuan terpercaya untuk segala hal terkait dunia geodesi, survei, dan pemetaan. Pada kesempatan kali ini, Geometri Pedia akan mengulas tentang seorang tokoh penting dalam bidang geodesi Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Zainal Abidin, M.Sc. Eng.

Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Zainal Abidin, M.Sc. Eng.

Baca Juga Artikel Menarik Yang Lainnya : GNSS Geodetik Membuka Era Baru Pemetaan Bandung

Profil Singkat

Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Zainal Abidin M.Sc. Eng. adalah seorang ahli geodesi yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan teknologi geospasial di Indonesia. Lahir pada 08 Agustus 1960, beliau menempuh pendidikan sarjana di Institut Teknologi Bandung dan melanjutkan studi magister serta doktoral di University of New Brunswick, Kanada.

Pendidikan dan Karier

Setelah menyelesaikan pendidikan di ITB, beliau melanjutkan studi magister di bidang Surveying Engineering di University of New Brunswick, Frederiction, Kanada, yang kemudian diikuti dengan gelar doktor pada tahun 1992. Disertasinya berjudul “Computational and geomatical aspects of on-the-fly ambiguity resolution”.

Dengan karier akademik yang panjang, Prof. Dr. Hasanuddin Zainal Abidin adalah seorang advokat kuat teknologi geospasial dan seorang ahli dalam bidang geodesi. Berdasarkan informasi yang tercantum di profil LinkedIn-nya, Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Zainal Abidin, M.Sc. Eng. Pada periode 2010-2015 Ia menjabat Wakil Rektor ITB bidang Komunikasi, Kemitraan dan Alumni. Setelah itu ia menjadi menjadi Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung, dan selanjutnya dilantik menjadi Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas RI, Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro pada tanggal 6 Desember 2016 menggantikan Priyadi Kardono. Beliau memiliki beberapa judul buku yang telah diterbitkan termasuk Geodesi Satelit (2011), Survei GPS (2002 dan 2011), dan Penentuan Posisi GPS dan Aplikasinya (2007).

Kontribusi dan Publikasi

Minat dan fokus Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Zainal Abidin, M.Sc. Eng. terhadap bidang Geodesi, Survei dan Pemetaan, Pengamatan dan Mitigasi Bencana Alam, Penetapan Batas dan Demarkasi, serta Informasi Geospasial telah memotivasi dirinya untuk terus berkontribusi melalui karya dan publikasi. Berdasarkan data dari akun Google Scholar miliknya, ia telah mencatatkan 358 publikasi sejak tahun 1989 hingga 2024. Sedangkan pada akun ResearchGate, tercatat 353 publikasi dengan jumlah sitasi mencapai 4,294.

Informasi Akun Resmi ResearchGate Hasanuddin Z. Abidin

Baca Juga Artikel Menarik Yang Lainnya : BIG Kejar Peningkatan Akurasi Model Geoid Indonesia

Dengan pengalaman yang luas dan kontribusinya yang signifikan dalam pengembangan ilmu geodesi di Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Zainal Abidin, M.Sc. Eng. merupakan salah satu tokoh yang patut diacungi jempol. Semoga tulisan ini memberikan gambaran yang jelas tentang peran dan prestasi beliau dalam dunia geodesi Indonesia.

Terus pantau Geometri Pedia untuk informasi terbaru seputar tokoh dan ilmu pengetahuan dalam bidang geodesi dan survey pemetaan!

Geometri Indonesia, Teman Terbaik Surveyor

Tinggalkan Balasan