You are currently viewing Metode Pengukuran & Survey Jalur Pipa

Metode Pengukuran & Survey Jalur Pipa

Dalam pengukuran perencanaan jalur pipa PDAM tentu membutuhkan perencanaan dan data pengukuran yang akurat & presisi. Pada pengukuran dan perencanaan pembangunan jaringan pipa, fungsi kontur lahan merupakan bagian yang penting. Perbedaan pengukuran beberapa meter saja dapat menimbulkan dampak besar terhadap hasil perencanaan pipa. Jika data hasil pengukuran tidak tepat, air yang dialirkan tidak dapat didistribusi dengan baik. Oleh sebab itu pada kegiatan survey jalur pipa dibutuhkan tenaga yang berpengalaman dan penggunaan alat survey yang tepat.

Survey pipa membutuhkan pengukuran kontur yang sangat detail. Tidak hanya itu, biasanya dalam pengukuran jaringan pipa dilakukan dengan menggunakan alat-alat yang memiliki spesifikasi tinggi. Hal ini dilakukan agar menjaga keakuratan data yang didapat. Pada pengukuran posisi Center line biasa digunakan GPS Geodetic untuk memperoleh data posisi akurat.

sehingga dibutuhkan alat-alat survey yang tepat, mumpuni, dan canggih sehingga data yang disajikan merupakan sajian objek yang akurat. berikut alat yang bisa menghasilkan data yang sangat akurat :

  1. Waterpass
  2. Total station
  3. GPS Geodetic
  4. Drone photogrammetry & Drone Lidar

SUMBER : http://totalgeosurvey.com/survey-pemetaan-jalur-pipa/

Tinggalkan Balasan