You are currently viewing Perbedaan Antara Theodolite & Waterpass

Perbedaan Antara Theodolite & Waterpass

Sebelum menjadi bangunan yang menjulang hanya berupa hamparan tanah kosong, sebelum dilakukan pengerjaan bangunan biasanya tim surveyor meninjau lokasi terlebih dahulu dengan tujuan mengukur tanah dan juga kemiringan tanah atau lebih di kenal dengan proses penyelidikan tanah.

Tim surveyor biasanya menggunakan alat bantu untuk mengukur luas tanah dan kemiringannya menggunakan alat Theodolite atau Waterpass, dengan menggunakan ke dua alat ini proses pengukuran biasa berlangsung dengan cepat walaupun tanah yang diukur sangat luas. Walupun kedua alat ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengukur tanah, tapia da perbedaan pada cara pemakaiannya, berikut perbedaan antara waterpass dan theodolite :

Theodolite

Alat ini biasanya digunakan Ketika memasuki pelaksaan proyek, tujuannya untuk menentukan peil pada bagian dasar bangunan. Theodolite itu sendiri merupakan alat ukur digital yang digunakan untuk menentukan elavasi bangunan dan mengukur luas tanah, menentukan setiap sudut ruangan dan titik as pada bangunan.

Alat ini dapat membaca luas yang di konverensi dalam satuan detik, tidak heran jika alat ini sangat diandalkan untuk proses survey. Supaya proses pengukuran dapat berjalan dengan lancar sebaiknya anda menyiapkan payung agar theodolite terhindar dari terik panas dan guyuran air hujan yang bisa dating kapan saja.

Waterpass

Sedangkan waterpass juga digunakan untuk mengukur tanah tapi ukurannya lebih minimalis dan ringan. Namun pengukuran menggunakan waterpass memiliki keterbatasan karena tidak dapat menentukan koordinat titik pengukuran.

Biasanya waterpass digunakan untuk menentukan elavasi balok, kolom dan plat lantai. Selain itu waterpass juga bisa di pakai untuk mengukur ketinggian penulang supaya sesuai dengan rencana awal pembuatan struktur. Aterpass juga dapat mengukur tingkat ketebalan pada pengecoran sehingga posisi lantai bisa datar.

Apapun perbedaan waterpass dan theodolite sama-sama memiliki peran penting pada tahap awal pengerjaan proyek konstruksi. Dengan menggunakan kedua alat ini, kontraktor dapat melakukan proses pembangunan dengan mudah dan cepat.

Sumber :

https://www.testingindonesia.com/perbedaan-waterpass-dan-theodolite-170

Tinggalkan Balasan