You are currently viewing RTK ( REAL-TIME KINEMATIC )

RTK ( REAL-TIME KINEMATIC )

  • DEFINISI GPS RTK

Penentuan posisi real-time kinematic (RTK) adalah teknik navigasi satelit yang digunakan untuk meningkatkan ketepatan data posisi yang diperoleh dari sistem penentuan posisi berbasis satelit .Dengan mengacu pada GPS pada khususnya, sistem ini biasanya disebut sebagai peningkatan fase-pembawa, atau CPGPS. memiliki aplikasi dalam survei tanah, survei hidrografi, dan navigasi kendaraan udara tak berawak.

Setiap pengukuran koordinat titik menggunakan GPS metode RTK, harus menggunakan minimal 2 buah alat GPS yang memiliki fungsi sebagai:

  1. Base
  2. Rover

Pada alat GPS yang berfungsi sebagai base, maka alat GPS Tidak digerakkan posisinya (diam).Base didirikan diatas titik yang sudah diketahui secara pasti nilai koordinatnya (misal: didirikan diatas titik Bakosurtanal Orde 0) dan koordinat titik bakosurtanal tersebut diinputkan dalam alat GPS base.Pada alat GPS yang berfungsi sebagai rover, Posisi GPS dapat digerakkan sesuai dengan detil yang diinginkan oleh surveyor (misal pada pengukuran persil tanah, maka rover didirikan pada pojok pojok bidang tanah)Yang menghubungkan antara base dan rover adalah SInyal radio. Sinyal radio berfungsi untuk memancarkan nilai koreksi dari base ke rover. Saat ini, sinyal radio bisa dipancarkan menggunakan berbagai macam cara yaitu menggunakan Antena radio , GSM , ataupun sinyal internet. Jika menggunakan Antena radio, maka diusahakan sebelum pengukuran, frekwensi radio di base dan rover sudah disamakan terkebih dahulu.Antenna radio hanya mampu memancarkan sinyal sejauh 3 km saja ( Jika lebih jauh maka bisa digunakan alat repeater) Alat yang utama dalam GPS RTK adalah Receiver GPS, Pada alat ini terdapat beberapa slot yang menghubungkan kabel ke beberapa perlengkapan pendukung GPS. Selain itu pada alat ini juga terdapat Card yang mampu menyimpan data hasil perekaman satelit ( dalam format RINEX atau DAT).

  • HAL-HAL YANG PERLU DIKETAHUI TENTANG GPS RTK

✔ Tingkat akurasi RTK

✔ Perhitungan Range pada GPS RTK

✔ Jaringan GPS RTK

  • TINGKAT AKURASI RTK

RTK digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan akurasi lebih tinggi, seperti pemosisian tingkat sentimeter, akurasi hingga 1 cm + 1 ppm.

  • PERHITUNGAN RANGE PADA GPS RTK

Pada tingkat konseptual yang sangat mendasar, kisaran dihitung dengan menentukan jumlah siklus pembawa antara satelit dan stasiun rover, kemudian mengalikan angka ini dengan panjang gelombang pembawa.Rentang yang dihitung masih termasuk kesalahan dari sumber-sumber seperti jam satelit dan ephemerides, dan penundaan ionosfer dan troposfer.Untuk menghilangkan kesalahan ini dan untuk mengambil keuntungan dari presisi pengukuran berbasis operator, kinerja RTK memerlukan pengukuran yang akan dikirim dari stasiun pangkalan ke stasiun rover.

Proses rumit yang disebut “ambiguity resolution“ diperlukan untuk menentukan jumlah seluruh siklus. Meskipun merupakan proses yang kompleks, penerima GNSS presisi tinggi dapat menyelesaikan ambiguitas hampir secara instan.

Rovers menentukan posisi satelit menggunakan algoritma yang menggabungkan resolusi ambiguitas dan koreksi diferensial.

Koreksi seakurat lokasi stasiun pangkalan yang diketahui dan kualitas pengamatan satelit stasiun pangkalan. Pemilihan lokasi penting untuk meminimalkan efek lingkungan seperti interferensi dan multipath, seperti kualitas stasiun pangkalan dan penerima rover dan antena.

  • JARINGAN GPS RTK

Jaringan RTK adalah didasarkan pada penggunaan beberapa stasiun permanen yang tersebar luas di dunia.

Bergantung pada implementasinya, data pemosisian dari stasiun permanen secara teratur dikomunikasikan ke stasiun pemrosesan pusat.Atas permintaan dari terminal pengguna RTK, yang mentransmisikan perkiraan lokasi mereka ke stasiun pusat, stasiun pusat menghitung dan mentransmisikan informasi koreksi atau posisi yang diperbaiki ke terminal pengguna RTK.

Manfaat dari pendekatan ini adalah pengurangan keseluruhan jumlah BTS RTK yang dibutuhkan. Bergantung pada implementasinya, data dapat dikirim melalui tautan radio seluler atau media nirkabel lainnya.

Kami PT Geo Metri Indonesia menawarkan penjualan serta rental dan service/kalibrasi alat survey Real-Time kinematic (RTK) , silahkan klik disini

SUMBER : https://www.fulldronesolutions.com/gps-rtk-adalah-komponen-terpenting-dalam-pemetaan-berikut-pembahasanya/

Tinggalkan Balasan