You are currently viewing SURVEY BATHIMETRY

SURVEY BATHIMETRY

Survey batimetri adalah kegiatan pemetaan air, pengumpulan data, kondisi perairan. Data pemeruman kemudian diolah, dievaluasi dan disajikan dalam bentuk buku, peta laut serta informasi mengenai kelautan lainnya. Produk ini selanjutnya digunakan untuk kepentingan pembangunan dan sebagainya. Ruang lingkup survey hidrografi tentunya berada di perairan, sungai, waduk, pantai, laut, baik permukaan maupun dasar laut. 

Survey ini bertujuan untuk mendapatkan data suatu kedalaman ataupun topografi dasar laut, termasuk lokasi dan luasan obyek-obyek di dalamnya. Survey batimetri menggunakan metode akustik biasanya menggunakan alat echosounder. Akuisisi data menggunakan GPS Garmin 585 yang dilengkapi dengan sensor Echosounder. Alat ini mampu merekam data mulai kedalaman 1m hingga 500m. waktu perekaman dapat disetting sesuai dengan speed, kebutuhan, dan kondisi di lapangan.

Peta hasil survey batimetri yang disajikan dalam bentuk layout peta yang didalamnya dapat terbaca jelas kontur minor dan mayor. hasil foto udara dalam bentuk orthofoto sebagai peta update yang sesuai dengan kondisi terkini.

Alat yang dipergunakan untuk pengukuran batimetri adalah : a. GPS Antena : Untukmendapatkan data posisi koordinat b. Tranducer : Alat yang memancarkan sinyal akustik kedasar laut untuk data kedalaman c. Echosounder : Alat yang menampilkan angka kedalaman d.Laptop : Untuk pengoperasian yang mengintegrasikan GPS, tranducer, dan echosounder.

SUMBER :

http://totalgeosurvey.com/pemetaan-dan-survey-batimetri-bawah-air-menggunakan-gps-garmin-fishfinder-seri-585/

Tinggalkan Balasan